05 Maret 2022

06 Desember 2021

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah di SD Negeri Gamongan II Tahun 2021, 6 Desember 2021


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau disingkat dengan PKKS merupakan kegiatan rutinitas tahunan untuk menilai Kinerja Kepala Sekolah, karena Kepala Sekolah yang profesional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah pasal 12 ayat (1) s.d. ayat (10) diantaranya diatur tentang Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, mengadakan PKKS secara serentak se Kabupaten Bojonegoro yang dimulai tanggal 25 November sampai dengan 11 Desember 2021, sebagaimana surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, Nomor 094/2199/412.201/2021 tanggal 15 November 2021 tentang Surat Perintah Tugas, Tim Penilai Kinerja Kepala Sekolah jenjang SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro. 

28 Mei 2021

Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Nasional

 


Bahwa pendidikan di Indonesia membutuhkan standar nasional yang memerlukan penyesuaian terhadap dinamika dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta kehidupan masyarakat untuk kepentingan peningkatan mutu pendidikan menjadi pertimbangan pertama terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Pendidikan Nasional.

24 Mei 2021

Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan SD/MI dan Dokumen untuk diupload "IASP" Tahun 2020

 


Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan SD/MI yang saat ini dikenal dengan istilah IASP 2020 adalah instrumen perubahan yang ditandai adanya pergeseran paradigma dalam penilaian akreditasi sekolah/madrasah dari compliance ke performance (rules to exprinciples). Dalam IASP 2020, komponen compliance adalah hal-hal yang berkaitan dengan review pemenuhan administrasi melalui pencarian data dalam dapodik dan/atau sumber lain. Sedangkan komponen performance adalah hal-hal yang terkait kinerja satuan pendidikan (melalui pengamatan langsung ke sekolah/madrasah).

Mengenal Lebih Dalam tentang Kamus Tesaurus


Kamus Tesaurus

Kita sudah lama mengenal kamus. Sejak kita duduk dibangku sekolah dasar sudah diperkenalkan dan mempelajari apa itu kamus dan cara menggunakan serta cara mencari kosa kata-kosa kata dalam kamus. Kamus-kamus yang sudah kita kenal adalah kamus bahasa indonesia, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) atau pun kamus saku kecil yang kita miliki ketika masih sekolah.
Sejak dikumandangkan sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia, penggunaan bahasa Indonesia makin meluas ke berbagai bidang kehidupan, bahkan berpeluang menjadi bahasa ilmu pengetahuan. Peluang itu makin nyata setelah bahasa Indonesia diangkat sebagai bahasa negara (UUD 1945, Pasal 36) yang menempatkan bahasa itu sebagai bahasa resmi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan bahasa pengantar pendidikan serta bahasa dalam pengembangan ilmu dan teknologi. Untuk itulah, diperlukan pengembangan kosakata bahasa Indonesia dalam berbagai bidang ilmu, terutama untuk kepentingan pendidikan anak bangsa.

Buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia


Buku Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia dari
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa 

  1. Buku Seri Penyuluhan Bentuk Pilihan Kata. unduh berkas klik di sini
  2. Buku Seri Penyuluhan Ejaan. unduh berkas klik di sini
  3. Buku Seri Penyuluhan Kalimat. unduh berkas klik di sini
  4. Buku Seri Penyuluhan Paragraf. unduh berkas klik di sini
  5. Buku Seri Penyuluhan Tata Istilah. unduh berkas klik di sini

 

Lokasi SD Negeri Gamongan II Kecamatan Tambakrejo dan Jarak Lokasi dengan Lembaga Kedinasan



Lokasi SD Negeri Gamongan II

<

Jarak Lokasi SD Negeri Gamongan II dengan Korwil

Jarak Lokasi SD Negeri Gamongan II dengan Kantor Kecamatan

Jarak Lokasi SD Negeri Gamongan II dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro


Visi dan Misi SD Negeri Gamongan II Kecamatan Tambakrejo

 


Visi Sekolah 

“Terwujudnya Prestasi Belajar yang Unggul dan Kompetitif dalam Lingkungan Sekolah Kondusif dengan Didasari Keimanan dan Ketakwaan.”

     

Misi Sekolah

  1. Meningkatkan aktifitas guru dalam pembelajaran
  2. Mengajar dengan wawasan lingkungan
  3. Menerapkan ilmu dan teknologi yang semakin maju
  4. Aktualisasi kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.

 

Tujuan Sekolah
  1. Dapat mengamalkan ajaran agama sebagai hasil proses pembelajaran dan pengembangan diri
  2. Meraih prestasi akademik dan non akademik
  3. Dapat mencerdaskan peserta didik dan guru sehingga menjadi sekolah yang didambakan masyarakat
  4. Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai bekal hidup dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
  5. Menjadi sekolah pelopor dan penggerak di lingkungan masyarakat sekitar

 

Persiapan Mengamankan Belajar Tatap Muka 2021 dengan 8 Langkah ini

 


Pemerintah sudah membuka izin penyelenggaraan pembelajaran tatap muka pada tahun 2021. Publik masih banyak khawatir tentang aman dan tidak aman melakukan pembelajaran tatap muka di tengah pandemi. 

Selain wajib mengikuti protokol kesehatan dalam pembelajaran, sekolah juga harus melakukan pembatasan jumlah siswa yang belajar di kelas. Caranya bisa dengan sistem shift, atau sistem ganjil genap, atau bergantian perminggu belajar di sekolah. 

Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada SD Negeri Gamongan II Kecamatan Tambakrejo Tahun Pelajaran 2020/2021

 


KATA PENGANTAR

 

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Ida Sanghyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karunia-Nyalah kami dapat menyelesaikan penyusunan dokumen “Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada SD Negeri Gamongan II Kecamatan Tambakrejo Tahun Pelajaran 2020/2021 SD Negeri Gamongan II Tahun Pelajaran 2020/2021 dapat terselesaikan sesuai dengan rencana.

Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) pada SD Negeri Gamongan II, yang merupakan pedoman dalam mengimlementasikan keterbacaan warga SD Negeri Gamongan II menuju masyarakat literat sehingga mampu menjadi spirit dan motivasi peningkatan kinerja dan prestasi sekolah.

Tersusunnya Program ini, tentulah berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu sudah selayaknyalah kami memberikan apresiasi, penghargaan, dan ucapan terima kasih kepada:

1.    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro, beserta jajarannya atas arahan dan pembinaannya terkait dengan berbagai kebijakan pendidikan;

2.    Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Tambakrejo, yang banyak memberikan araharan manajerial terhadap pola kegiatan sekolah;

3.    Pengawas SD Kecamatan Tambakrejo yang ikut andil dan memberi kontribusi dalam proses penyusunan Program ini;

4.    Pengurus KKKS beserta Kepala SD se-Kecamatan Tambakrejo, yang ikut memberikan dukungan ke arah tersusunnya program ini;

5.    Dewan Guru, Staf Administrasi Sekolah, dan Komite, serta semua pihak yang telah banyak membantu secara material maupun spiritual terkait penyusunan program ini.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa program ini, baik dilihat dari isi dan tampilannya sangat jauh dari sempurna. Oleh karena itu saran yang bersifat korektif konstruktif dari semua pihak sangat kami harapkan demi kesempurnaan penyusunan program sejenis tahun berikutnya.

Tambakrejo, 13 Juli 2020


 

PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH

 

A. PENDAHULUAN

Literasi tidak sekedar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. Literasi merupakan keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi. Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik memengaruhi tingkat keberhasilannya, baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh dan berkelanjutan untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik.